Belajarlah karena tidak ada seorangpun yang dilahirkan dalam keadaan berilmu, dan tidaklah orang yang berilmu seperti orang yang bodoh.
Sesungguhnya suatu kaum yang besar tetapi tidak memiliki ilmu maka sebenarnya kaum itu adalah kecil apabila terluput darinya keagungan (ilmu).
Dan sesungguhnya kaum yang kecil jika memiliki ilmu maka pada hakikatnya mereka adalah kaum yang besar apabila perkumpulan mereka selalu dengan ilmu.

Minggu, 01 November 2009

Fatwa Ulama tentang Sayyid Quthb

Fatwa Asy Syaikh ‘Abdul ‘Aziz bin ‘Abdillah bin Baz tentang Sayyid Quthb:

وقال سيد قطب في كتابه “التصوير الفني في القرآن” عن موسى عليه السلام: (لنأخذ موسى إنه نموذج للزعيم المندفع العصبي المزاج…

{ودخل المدينة على حين غفلة من أهلها فوجد فيها رجلين يقتتلان هذا من شيعته وهذا من عدوه فاستغاثه الذي من شيعته على الذي من عدوه فوكزه موسى فقضى عليه}

وهنا يبدوا التعصب القومي كما يبدو الانفعال العصبي وسرعان ما تذهب هذه الدفعة العصبية فيثوب إلى نفسه شأن العصبيين.)

ثم يقول عند قوله تعالى: {فأصبح في المدينة خائفاً يترقب}،

قال: (وهو تعبير مصور لهيئة معروفة، هيئة المتفزع المتلفت المتوقع للشر في كل حركة وتلك سمة العصبيين) “التصوير الفني” (٢٠٠،٢٠١، ٢٠٣) ط ۱۳، دار الشروق)

قال سماحة الشيخ عبد العزيز بن باز – رحمه الله – لما قرىء عليه مثل هذا الكلام: (الاستهزاء بالأنبياء ردة مستقلة)

المرجع: (درس لسماحته في منزله بالرياض سنة ۱۴۱۳ – تسجيلات منهاج السنة بالرياض.)

Berkata Sayyid Quthb di dalam kitabnya, “At Tashwîr Al Fannî fil Qur`ân” tentang Musa ‘alaihis salâm: “Coba kita ambil Nabi Musa, sesungguhnya ia adalah contoh untuk seorang pemimpin yang tergesa-gesa, ta’ashshub (fanatik) dan mazzâj (lelaki perusak, pendusta, berperangai buruk)

“Dan Musa masuk ke kota (Memphis) ketika penduduknya sedang lengah, Maka didapatinya di dalam kota itu dua orang laki-laki yang berkelahi, yang seorang dari golongannya (Bani Israil) dan seorang (lagi) dari musuhnya (kaum Fir’aun). Maka orang yang dari golongannya meminta pertolongan kepadanya, untuk mengalahkan orang yang dari musuhnya lalu Musa meninjunya, dan matilah musuhnya itu.” [QS Al Qashshash: 15]

Di sini, tampak fanatisme kesukuannya (Nabi Musa) sebagaimana tampak pula sentimen kesukuan dan betapa cepatnya pembelaan fanatisme beliau bergolak, sehingga terbalas atas diri beliau urusan dendam orang-orang yang fanatik.”

Kemudian (Sayyid Quthb) berkata tentang firman Allah Ta’âlâ: “Karena itu jadilah Musa di kota itu merasa takut menunggu-nunggu dengan rasa khawatir.”

Berkata Sayyid Quthb: “Dan ia merupakan ta’bir (penggambaran) suatu kondisi yang telah diketahui, yaitu kondisi orang yang khawatir ketakutan dan merasa was-was dengan keburukan dari tiap gerak-geriknya, dan itulah ciri orang-orang yang fanatik.” [At Tashwîrul Fannî (200, 201, 203), cetakan ke-13, Dârul Masyrûq]

Berkata Samâhatusy Syaikh ‘Abdul ‘Aziz bin Baz rahimahullâh ketika dibacakan kepada beliau ucapan ini: “Mencerca para Nabi merupakan perbuatan murtad yang tersendiri.”

[Sumber: Pelajaran ٍSamahatusy Syaikh Ibnu Baz di kediaman beliau di Riyadh tahun 1413 H, Tasjilat Minhâjus Sunnah Riyadh]

Fatwa Asy Syaikh Muhammad Nashiruddin Al Albani tentang Sayyid Quthb:

قال العلامة المحدث محمد ناصر الدين الألباني – رحمه الله – معلقاً على خاتمة كتاب “العواصم مما في كتب سيد قطب من القواصم:

“كل ما رددته على سيد قطب حقٌ صوابٌ، ومنه يتبين لكل قارئ على شيء من الثقافة الإسلامية أن سيد قطب لم يكن على معرفة بالإسلام بأصوله وفروعه. فجزاك الله خير الجزاء أيها الأخ (الربيع) على قيامك بواجب البيان والكشف عن جهله وانحرافه عن الإسلام.”

المرجع: (من ورقة بخط الشيخ الألباني رحمه الله كتبها في آخر حياته.)

Berkata Al ‘Allâmah Al Muhaddits Muhammad Nashiruddin Al Albani rahimahullâh mengomentari penutup kitab Al ‘Awâshim Mimmâ fî Sayyid Quthb minal Qawâshim:

“Semua apa yang Anda bantah atas Sayyid Quthb adalah haq dan benar. Dan darinya akan menjadi penjelasan bagi setiap pembaca sebagai suatu tsaqafah (wawasan) Islamiyyah bahwa Sayyid Quthb tidaklah mengetahui secara baik Islam pada ushul (pokok) maupun furu’ (cabang)nya. Maka semoga Allah memberikan balasan kepada Anda dengan kebaikan yang banyak wahai Saudara Rabi’ atas upaya Anda dalam menunaikan kewajiban menjelaskan dan menyingkap kejahilan dan penyimpangannya [Sayyiq Quthb] terhadap Islam.”

[Sumber: Dari sebuah kertas dengan tulisan tangan Syaikh Al Albani rahimahullâh yang ditulis beliau pada akhir hayatnya]

Fatwa Asy Syaikh Muhammad bin Shalih Al ‘Utsaimin tentang Sayyid Quthb:

سئل فضيلة الشيخ العلامة محمد بن صالح العثيمين: (- أثابكم الله – أرجو إجابتي على هذا السؤال: إننا نعلم الكثير من تجاوزات سيد قطب لكن الشيء الوحيد الذي لم أسمعه عنه، وقد سمعته من أحد طلبة العلم مؤخراً ولم أقتنع بذلك ؛ فقد قال: إن سيد قطب ممن يقولون بوحدة الوجود. وطبعاً هذا كفر صريح، فهل كان سيد قطب ممن يقولون بوحدة الوجود ؟ أرجو الإجابة جزاكم الله خيراً.

قال الشيخ محمد: (مطالعتي لكتب سيد قطب قليلة ولا أعلم عن حال الرجل، لكن قد كتب العلماء فيما يتعلق بمؤلفه في التفسير “ظلال القرآن”، كتبوا ملاحظات عليه، مثـل ما كتبـه الشيـخ عبد الله الدويش – رحمه الله – وكتب أخونا الشيخ ربيع المدخلي ملاحظات عليه ؛ على سيد قطب في التفسير وفي غيره. فمن أحب أن يراجعها فليراجعها.)

المرجع (من شريط “اللقاء المفتوح الثاني بين الشيخين العثيمين والمدخلي بجده”، ثم وَقَّعَ عليها الشيخ محمد بتاريخ ۲۴/۲/۱۴۲۱)

Pertanyaan kepada Fadhîlatusy Syaikh Al ‘Allâmah Muhammad bin Shalih Al ‘Utsaimin: “Semoga Allah memberikan pahala kepada Anda, saya ingin jawaban atas pertanyaan ini: sesungguhnya kita banyak mengetahui tentang penyelewengan Sayyid Quthb, akan tetapi ada suatu hal yang aku belum pernah mendengar darinya. Namun akhirnya aku telah mendengar dari salah seorang penuntut ilmu tetapi aku belum merasa puas dengannya. Ia (penuntut ilmu itu) berkata: “Sesungguhnya Sayyid Quthb itu termasuk orang yang berkata dengan Wihdatul Wujûd.” Tentu saja ini merupakan kekufuran yang nyata. Apakah Sayyid Quthb termasuk orang yang berkata dengan Wihdatul Wujûd? Saya mengharapkan jawaban Anda, semoga Allah memberikan balasan kepada Anda dengan kebaikan.

Berkata Asy Syaikh Muhammad: “Penelaahan saya terhadap buku-buku Sayyid Quthb amatlah minim dan saya tidak begitu mengetahui keadaan orang ini. Tetapi ada ulama yang telah menulis yang berkaitan dengan karya tulis Sayyid Quthb dalam Tafsir “Zhilâlil Qur’an”. Mereka menulis beberapa koreksi kekeliruan terhadap tafsirnya, seperti apa yang ditulis oleh Asy Syaikh ‘Abdullah Ad Duwaisy rahimahullâh dan apa yang ditulis oleh Akhûna (Saudara kami) Rabi’ Al Madkhali berupa koreksi kekeliruan terhadapnya, atas Sayyid Quthb dalam Tafsirnya dan selainnya. Maka barangsiapa yang mau menyimaknya maka hendaklah menyimaknya.”

[Sumber: Dari Kaset “Al Liqâ’ul Maftûh Ats Tsânî baina Asy Syaikhaini Al ‘Utsaimîn wal Madkhâlî bi Jiddah”. Kemudian ditandatangani oleh Syaikh Muhammad pada tanggal 24/2/1421]

0 komentar:

Posting Komentar